Dituduh Plagiat Dari League of Legends, Riot Games Tuntut Mobile Legends

Zasiem - Riot Game telah melayangkan tuntutan hukum kepada Shanghai Moontoon Technology, yang merupakan developer game Mobile Legends.

Riot yang merupakan pembuat game League of Legends tersebut menuntut Moontoon karena dianggap telah melanggar hak cipta melalui game Mobile Legends. Game mobile tersebut dikatakan telah meniru sistem gameplay dan desain dari League of Legends.

Menurut MMOCulture, Riot Games sebelumnya telah melayangkan protes ke pihak Google dan game Mobile Legends akhirnya dihilangkan dari Google Play.

Namun tidak berselang lama, Moontoon merilis versi keduanya yang diberi nama "Mobile Legends: Bang Bang". Parahnya, versi kedua game tersebut hanya menunjukkan sedikit perubahan dan sama sekali tidak berbeda dari versi pertama jika dilihat dari segi core gameplay-nya.

Mobile Legends memang sedang sangat populer saat ini, termasuk di Indonesia. Game MOBA 5 vs 5 ini secara teknis memang sangat mirip dengan League of Legends. Bahkan dari logo dan penamaannya pun terlihat bahwa Mobile Legends tampak seperti ingin "mendompleng" ketenaran League of Legends yang merupakan game MOBA dengan jumlah pemain terbanyak di dunia.

Saat ini, tuntutan hukum tersebut telah diterima pihak pengadilan di Tiongkok, namun proses pengadilan masih belum berjalan.

0 komentar