Cara Mengatasi Hijacking pada Browser PC

Jika kita sering menginstal beberapa aplikasi yang bukan official dari industrinya mungkin kita pernah merasakan settingan di browser website kita berubah. Jika kalian merasakan hal seperti itu, mungkin laptop kalian terkena Hijacking, Adware, ataupun Spyware. Hijack dapat terkena di segala browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Comodo, Internet Exploler dan lain lain. Apa itu Hijack ? Bagaimana bisa laptop atau PC kita terkena Hijack ? Bagaimana cara mengatasinya ? kita akan bahas semuanya di sini

Pengertian Hijacking


Menurut beberapa sumber Hijacking adalah suatu proses atau kegiatan memasuki secara diam diam ( menyusup ) ke sistem melalui operasi lainnya yang dijalankan oleh pelaku. Jadi secara garis besar Hijacking dapat dikatakan sebagai pemberian malware melalui beberapa perantara. Tetapi Hijacking dapat dilakukan diberbagai bidang. Yang kita akan lebih fokus ke arah Hijacking di browser.

Hijacking pada browser sendiri berarti seseorang ( Hacker ) akan memberikan beberapa malware yang dapat merusak kinerja dari browser kita melalui perantara berupa aplikasi atau software. Jadi jika kita mendownload aplikasi bukan dari officialnya maka kemungkinan software tersebut telah disisipi oleh malware. Baca selengkapnya : Cara Mengetahui Aplikasi Bajakan

Cara Mengetahui Browser yang Terkena Hijack

Hijack - Zasiem

Ada beberapa indikator atau ciri ciri yang dapat menandakankan bahwa browser laptop atau PC kita terkena Hijack. Beberapa kejadian yang terjadi jika browser kalian terkena Hijack adalah :

  1. Banyak sekali inject iklan atau advertisement di website yang kalian jelajahi
  2. Berubahnya konfigurasi atau settingan dari website kalian
  3. Browser di komputer atau PC kalian terasa lemot
  4. Default search engine berubah


Penyebab Hijacking pada Browser

1. Menginstal Software atau Freeware

Hijack - Zasiem

Jika kalian mendownload software atau Freeware bukan official dari internet, lalu kalian install software tersebut ke PC atau laptop kalian. Maka kemungkinan software tersebut telah disisipi oleh malware. Jadi jika kalian mengistal aplikasi tersebut ( yang tersisipi malware ) maka browser kalian otomatis terkena Hijack

2. Virus

Hijack - Zasiem

Sebagian orang mengatakan Hijacking dapat terjadi dikarenakan oleh Virus. Virus dapat membawa malware yang dapat menyebabkan Hijacking di laptop kalian. Tetapi untuk saya sendiri belum pernah terkena Hijacking melalui virus.

Cara Menanggulangi Hijacking

Hijack - Zasiem

Sebenarnya dalam mengatasi Hijacking ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggunakan aplikasi luar ataupun secara manual

1. Menggunakan Adw Cleanner

Adw Cleanner adalah salah  satu software yang dapat menghilangkan Hijack di laptop atau PC kalian. Tetapi risikonya mungkin beberapa history, atau data data kalian yang dianggap pengganggu akan dihapus otomatis oleh Adw Cleanner sendiri. Tapi jangan khawatir, setelah proses selesai maka Adw Cleanner akan memberikan note tentang aplikasi apa saja yang telah di uninstall olehnya.

2. Meng-uninstal aplikasi atau software yang telah kalian install

Berikutnya ini adalah cara manual. Jadi kalian harus menguninstal aplikasi atau software yang baru saja install sebelum perangkat kalian terkena Hijack. Kalian dapat meng-uninstalnya melalui control panel.

3. Reinstal atau reset browser

Berikutnya ini adalah cara optional. Jika kalian tidak ingin melakukan 2 cara di atas kalian dapat me-reinstal atau me-reset browser kalian. Tetapi cara ini kemungkinan kecil berhasil. Saya sarankan menggunakan kedua cara di atas.

Kesimpulan

Hijack browser sendiri tidak lah berbahaya kepada komponen hardware laptop atau PC kalian, tetapi mungkin akan menyebabkan sedikit perubahan pada komponen software kalian terutama browser. Cara yang paling mudah dan nyaman kalian dapat menggunakan cara yang pertama yaitu menggunakan Adw Cleanner. Untuk menghindari Hijack sendiri, maka harus berhati hati dalam menginstal aplikasi yang bukan official dari website industri aplikasi tersebut.

Mungkin hanya itu yang dapat saya beri, jadi jika kita ingin nyaman berselancar atau search menggunakan browser, maka hendaknya kita harus berhati hari dengna adanya Hijacking pada browser ini. 

1 komentar: